Monday, February 29, 2016

Museum Ulen Sentalu Yogyakarta


Selalu ada alasan untuk berkunjung ke Jogja. Rasanya tempat pariwisatanya nggak habis-habis. Sudah ke a-f, besoknya ada g dan h. Dan seterusnya.

Tiket masuk

Flashback ke 2014. Iya, nggak salah baca kok. :)
Saat itu saya dan 3 teman berkunjung ke Museum Ulen Sentalu Yogyakarta. Karena letaknya di dekat hutan dan sepi, kesan pertama yang saya dapat adalah sedikit mistis hehe. Untuk masuk ke museum ini, waktu itu  dikenakan tiket seharga Rp 30.000,00. Biaya ini sudah termasuk fasilitas guide yang akan menjelaskan sejarah dan isi museum.
Begitu masuk ke area museum, guide menjelaskan bahwa dilarang ambil foto di dalam ruangan museum. Di museum ini terdapat beberapa ruangan yang berisi lukisan-lukisan Sultan HB dan lainnya (pardon my dori memory) yang nantinya akan dijelaskan oleh guide. Ada juga ruangan yang berisi bermacama kain batik. Mbak guide juga menjelaskan perbedaan kain batik Solo dan Jogja (and again pardon my dori memory, beneran lupaa). Hingga kita masuk ke satu ruangan untuk istirahat sejenak dan diberi  minuman yang katanya bikin awet muda.




Beberapa spot di luar museum yang diperbolehkan untuk difoto

Begitu keluar museum ada toko cinderamata yang atasnya ada  restaurant Beukenhof.  Kami mencoba beberapa menu sambil bersantai dan berfoto karena pemandangan dari sini juga nggak kalah indah. Rasa makanannya enak dengan harga menu mulai dari 30ribu.

Toko cinderamata









Museum ini menjadi salah satu museum terbaik yang pernah saya kunjungi. Mbak guidenya juga ramah dan mau bantuin motoin kok :)

No comments: