Tuesday, January 18, 2011

The Unforgettable PSM

Assalamu’alaikum. Apa kabar anda hari ini? Hahaha, kayak lagi AMT aja..

Akhirnya aku bisa kembali mempertemukan si laptop dengan chargernya setelah sekian hari terpisah. Dan selama masa perpisahan mereka praktis aku ga bisa memakai laptopku selama yang aku mau. Biasanya kalau lowbat tinggal colokin charger aja dan bisa kembali menatap layar sesuka hati. Lha kemaren, kalau lowbat ya matiin aja. Untungnya, charger merk lain bisa juga dipakai. Dan untungnya lagi, tetangga jauhku punya charger yang cocok dengan laptopku. Jadi paling ga bisa pinjam buat nyalain bentar lah... oh ya, jadi charger yang bisa gantian itu dari merk Toshiba, Msi, Axus, sama Axio. Barangkali merk lain ada yang bisa juga. Hehe

Anyway, karena sekarang mereka sudah reunian mari menatap layar lagi sambil magang. Iya, sekarang lagi magang. Dan pelajaran minggu lalu adalah memakai mesin fotocopy :D

Sudah ah basa-basinya, mari bahas tentang kuliah yang paling ih wouww alias PSM (Praktek Simulasi Manajerial). Menurut dosenku, di Indonesia kuliah kayak gini hanya ada di FE UNS. Mahasiswa memiliki peran menjadi pegawai dari tingkatan staff sampai General Manajer di suatu perusahaan. Nantinya pas hari kuliah, 2 kelompok bertemu. Satu menjadi perusahaan konsultan, yang satu jadi perusahaan yang sudah ditentukan oleh BOD (Board of Director) alias para dosen. Nah untuk tahunku kebagian FeDex.

Sosialisasi PSM

Dulu pas semester awal kalau ngeliat kakak tingkat pakai seragam PSM yang ada di pikiran adalah sekelompok orang yang mau magang di perusahaan. Makin lama makin tau kalau itu adalah kuliah biasa yang diambil di semester 7. Dan makin mendekati semester 7 makin cari info tentang apa sebenarnya yang dilakukan pas PSM. Dari gambaran yang ku dapat PSM terkesan mengerikan. Yang tidur cuma bentar bangetlah, ganggu hubungan pertemananlah, nginep + nglembur ngerjain tugaslah, dan cerita-cerita yang ga enak.

Then boomm, semester 7 tiba. Tiba-tiba aja udah ada lowongan untuk ngelamar jadi posisi tertentu di perusahaan. Namanya aja simulasi, jadi dari awal pun kami diposisikan benar-benar seperti job seeker, dari yang nglamar, wawancara kerja, pakai seragam kelompok pas kerja (kuliah), dsb.

Akhirnya pengumuman diterima di posisi apa dan nama kelompok keluar. Tak disangka tak dinyana aku jadi manajer keuangan. And this is my team.

Setelah kuliah

Fleex (Flying Elephant) Company

Atas : Riesa, Aku, Hanida, Sunu, Ading (GM), Nova, Surya, Mahendra, Yusuf W

Bawah : Kiki, Sugi, Muharam, Yusuf Setya

Ngerjain bareng di kampus

Di rumah Yusuf Wibisono

Di rumah Ading

Sebelum masuk kelas

Suasana dalam kelas

Di bidang keuangan ini aku sama Hanida dan Nova. Aku ingat ketika hari di mana bidang keuangan harus maju menjadi tim konsultan. Waktu itu dengan tidak PD dan sangat grogi aku presentasi di depan sampai-sampai aku menjatuhkan kepala mic yang kupegang. AC yang tiba-tiba ngeluarin suara pun bikin tambah ga konsentrasi. It was funny.

Setelah presentasi

Finance team. Ki-ka : Hanida, Aku, Nova

Refreshing bersama finance team setelah maju presentasi.

Sama tim lain

Kumpul-kumpul setelah PSM selesai.

Kuliah ini ditutup dengan adanya PSM award, pemberian penghargaan untuk para best staff, manajer, tim, dan GM. Hebatnya, beberapa gelar itu diraih ma aku temanku sendiri yang juga anak KEI. Yey, congrats all.

And this is pictures at PSM Award

Making a “heart” pose

With bestfriend. Ki-ka: Hira, Dina, Putri, Sita, Icha, Fia, Aku, Lailam

With management 2007

With AKEI (Alumni KEI FE UNS)

Ki-ka: Rizal, Sugi, Ika, Fia, Dewi, Riesa, Retna, Lisa, Chacha, Adhi, Lestyo

And the award goes to...

Staff of the Year : Rizal

Best Human Resources Manager : Lisa

Best Operation Manager : Fia

Congrats :)

Atas: Aku, Fia, Retna, Lisa, Riesa

Bawah: Rizal, Adnan

Lalu kelompokku dapat apa? Nothing.

Tapi pak GM yang udah lulus and mau nikah bilang gini, “walaupun kita ga dapat apa-apa tapi kalaupun aku disuruh pindah kelompok yang dapat award aku ga mau, aku tetep pilih kelompok ini”. Aw aw aw...

Overall, kuliah ini emang spesial dan beda dari kuliah yang lain, tapi ga semenakutkan apa yang dibayangkan. Walau pada awalnya aku kaget karena sekelompok dengan beberapa teman yang ga aku kenal, tapi pada akhirnya we ended as a family :)

Wassalamu’alaikum wr. Wb.

1 comment:

Unknown said...

ko ku jadi kangen wii, huehe...