Wednesday, September 23, 2009

Gonna miss Ramadhan so much...

Photobucket

Picture from here

Selamat Idul Fitri 1430 H. Taqabalallahu minna wa minkum. Mohon maaf lahir batin buat kawan-kawan semuanya. Maafkan aku yang sering ngeselin, gangguin, ngomong seenaknya, dan berbagai hal yang tak berkenan di hati.

Hmm, dan untuk orang tuaku, karena ga berani ngomong langsung, aku mau minta maaf lewat sini saja (padahal mereka ga bakalan baca blog ini).

Maaf karena sudah 2 minggu ini kacamataku hilang entah kemana, T.T

Huhu… belum ketemu juga tuh kacamata. Dan aku baru sadar bahwa aku sangat membutuhkan kacamata itu…

Anyway, tak terasa bulan Ramadhan telah lewat, hmm and I’m gonna miss some things like:

Sahur

Memang ketika bulan biasa pun tetep ada yang namanya sahur. Seperti kalau kita mau melakukan puasa sunnah. Tapi suasana sahur di bulan Ramadhan dengan bulan biasa terkesan beda bagiku. Apalagi biasanya pas Ramadhan di Masjidku ada seorang Bapak yang selalu membangunkan warga sekitar untuk sahur dan memberitahu kalau sudah imsak lewat pengeras suara Masjid. Dulu, beberapa tahun yang lalu, pernah para remaja putra di kampungku membangunkan warga dengan cara teriak-teriak sahur dan membunyikan suara-suara. Tapi sekarang sudah tidak lagi.

Buka Bersama

Yang namanya buka bersama hanya ada pas bulan Ramadhan. Acara ini sekaligus jadi ajang silaturahmi dan kumpul bareng teman-teman. Aku jadi ingat hari Rabu, 16 September 2009 kemaren. Dapat undangan buka bersama 3 sekaligus. Yang satu dari seorang sahabat dari SMA, buka bersama sahabat-sahabat yang emang buat cari waktunya susah banget dan sudah diatur jauh-jauh hari. Undangan kedua dari seorang kawan kampus yang mengajak sehari sebelumnya. Dan undangan ketiga dari seorang dosen. Waktu itu sedang kuliah sore, in the end of class, Pak dosen berkata mau ngajakin buka bareng sekelas. Aku kira hanya bercanda. Ternyata beneran..

Dan dari ketiga undangan tersebut, aku akhirnya memutuskan untuk datang ke undangan yang pertama.

Taraweh

Ibadah satu ini memang special. Hanya ada di bulan ramadhan. Seperti biasa, aku mengikuti sholat taraweh di Masjid deket rumah, Masjid Nurusy-Syifa’. Sholat taraweh di Masjid ini biasanya dilakukan 8 rakaat + 3 rakaat sholat witir. Kalau surat yang dibaca panjang atau pendek itu tergantung dengan imamnya. Dan, di Masjid ini sholat taraweh dilakukan setelah kultum habis sholat isya’.

Tadarus Al-Qur’an

Atau mengaji secara bersama-sama. Habis taraweh lanjut tadarus sama kawan-kawan Remansyi alias remaja Masjid Nurusy-Syifa’. Tidak hanya remajanya yang ngaji, ada kelompok ibu-ibu, bapak-bapak, anak-anak, pra-remaja. Lengkap dech… dan bisanya setelah baca 1 juz acara dilanjutkan dengan ngobrol-ngobrol. Sepertinya kaum hawa memang suka bicara, hehe…

Takbiran

Entah darimana tradisi ini dimulai, yang aku tahu ketika takbiran biasanya menyebut asma Allah dengan tangan membawa oncor api lalu jalan-jalan keliling daerah sekitar dan dilakukan saat malam Idul Fitri. Like usual, kemaren aku ikut takbir keliling bersama adek-adek TPQ Nurusy-Syifa’. Kami mengikuti lomba takbir antar TPQ se-Pajang Utara. Kalau tahun kemaren juara 1, tahun ini belum tahu juara berapa.

Sholat Idul Fitri

Jelas ini hanya ada pas hari raya Idul Fitri. Sholat 2 rakaat dengan takbir pertama sebanyak 8 kali yang bisanya diadakan di lapangan atau Masjid-masjid. Aku, kakak, dan Ibu pilih sholat di lapangan korem depan Solo Square, walaupun di deket rumah juga ngadain yaitu di depan masjid. Kalau Bapak sih sejak masjid ngadain sholat sendiri, beliau jadi ikut yang di masjid. Tapi kalau aku, kakak, dan Ibuku tetep pilih sholat di lapangan. Membawa suasana tersendiri. Kalau dulu pas kecil sehabis sholat beli maenan seperti bebek-bebekan, sekarang belinya cukup bakpao. :)

Halal bi halal

Intinya silaturahmi, saling minta maaf dan memaafkan. Hmm, tapi aku ga tahu apakah arti kata halal bi halal sesungguhnya.

Anyway, sejak 2 atau 3 tahun terakhir, di masjidku alias masjid Nurusy-Syifa’ tadi ngadain halal bi halal setiap habis sholat Ied. Tiap orang diharapkan bawa makanan yang nantinya akan dibagikan kesemua yang hadir. Acaranya singkat, pembukaan, sambutan takmir, salam-salaman, selesai. Acara ini bener-bener jadi ajang silaturahmi karena banyaknya jamah masjid yang datang. Jadi, acara maaf-maaf an dapat langsung terlaksana ke banyak orang. Efisien. Hehe..

Nah, itu sebagian hal yang bakalan aku kangenin banget ketika Ramadhan usai. Tapi ada juga beberapa hal lain yang biasanya terjadi pas Ramadhan, such as mudik (yang aku belum pernah ngrasain sama sekali), konsumsi masyarakat yang naik dan akibatnya harga pun naik (menurut hukum ekonomi, kalau permintaan naik, harga naik. *Sok serius*), dan petasan…

Ya Allah, semoga kita dapat bertemu lagi dengan ramadhan tahun depan, Amin..

P.S:

Ralat, masuk kuliahku tanggal 28. Yipppiiieeeeeeeee

Foto kucingku pas hari lebaran. Sepertinya mereka memang senang bergaya.. haha

Photobucket

dew_miauw

http://cokiehti.wordpress.com/2009/09/03/kumpulan-sms-lebaran-dan-kartu-ucapan-idul-fitri/

No comments: